Sabtu, 24 November 2012

Aplikasi Sistem Informasi Geografis pada Perusahaan Federal Express sebagai Decision Support System dan PENGGUNAAN DSS PADA TELKOM E-SERVICE DI DALAM PT.TELKOM

I. Aplikasi Sistem Informasi Geografis pada Perusahaan Federal Express sebagai Decision Support System

     Decision Support System merupakan salah satu jenis aplikasi yang sangat populer dalam manajemen perusahaan. DSS ini adalah sebuah sistem yang diharapkan dapat membantu manajemen dalam proses pengambilan keputusan. SIG adalah DSS yang menggunakan database geografis untuk membuat dan menampilkan peta dan tampilan grafis lainnya yang mendukung keputusan mengenai distribusi secara geografis.teknologi SIG bersama dengan alat sistem penempatan global untuk membantu perusahaan dalam memilih lokasi bisnis, mengoptimalkan rute distribusi, atau menganalisa demografi pasar sasaran.Salah satu perusahaan yang memanfaatkan SIG sebagai DSS adalah perusahaan FedEx.

Bentuk skema software SIG pada Perusahaan Federal Express.





      FedEx memanfaatkan teknologi SIG dalam membuat berbagai keputusan bisnis untuk menunjang proses pengiriman barang, diantaranya : mencari lokasi atau alamat tujuan pengiriman barang, menentukan rute perjalanan untuk pengiriman barang, memantau proses pengiriman barang, dan memilih lokasi penurunan barang dan pusat distribusi, dan memperkirakan waktu tempuh pengiriman.
keunggulan kompetitif, pemanfaatan SIG.

Bagi perusahaan, diantaranya proses pengiriman barang lebih efektif dan efisien, barang sampai pada tujuan yang benar dan dalam keadaan yang baik dan tepat waktu, pelayanan yang memuaskan pelanggan, dan meningkatkan kinerja perusahaan

Bagi pelanggan, diantaranya : barang sampai lebih cepat, padalokasi yang tepat, dalam keadaan baik, dan harga sesuai dengan pelayanan  yang diberikan.

Pengertian Sistem Informasi Geografis (SIG).

     Sistem Informasi Geografis merupakan kategori dari DSS yang memadukan grafis komputer dengan fitur DSS lainnya. Sistem Informasi Geografis adalah DSS yang menggunakan database geografis untuk membuat dan menampilkan peta dan tampilan grafis lainnya yang mendukung keputusan mengenai distribusi geografis orang – orang dan sumber daya lainnya.
Banyak perusahaan yang menggunakan teknologi SIG untuk membantu perusahaan dalam memilih lokasi bisnis, mengoptimalkan rute distribusi, atau menganalisa demografi pasar sasaranSebuah Sistem Informasi Geografis (SIG) akanmenangkap,menyimpan,menganalisa,mengelola, dan menyajikan data yang terhubung ke lokasi
       SIG adalah aplikasi tools yang memungkinkan pengguna untuk membuat query interaktif (pencarian), menganalisa informasi tata ruang, mengedit data, menganalisa peta, serta mempresentasikan hasil dari semua informasi. Teknologi SIG dapat digunakan untuk investigasi ilmiah, pengelolaan sumber daya, manajemen aset, arkeologi, penilaian dampak lingkungan, perencanaan kota, kartografi, kriminologi, sejarah geografis,pemasaran, logistik, dan tujuan lainnya.

karakteristik dari Sistem Informasi Geografis
a.SIG merupakan suatu sistem hasil pengembangan software dan hardware
untuk tujuan pemetaan.
b.Melibatkan ahli geografi, informatika, dan komputer serta aplikasi terkait.

c.Terdapat beberapa masalah dalam pengembangan SIG, meliputi :
cakupan,kualitas dan standar data, struktur, model dan visualisasi data,
koordinasi kelembagaan dan etika, pendidikan, expert system dan decision
support syste,serta penerapannya.

Perbedaan SIG dengan sistem informasi lainnya.
     letak geografis, dan terdiri dari data tekstual maupun grafikTidak hanya
sekedar mengubah peta konvensional (tradisional) ke bentuk peta digital
untuk kemudian disajikan (dicetak/diperbanyak) kembali.
Mampu melakukan pengumpulan, penyimpanan, transformasi, menampilkan,
memanipulasi, memadukan dan menganalisis data spasial dari fenomena
geografis suatu wilayah.Mampu melakukan penyimpanan data dasar yang
dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu masalah. Contoh : menyelesaikan
masalah perubahan jumlah penduduk memerlukan informasi dasar seperti
angka kelahiran dan angka kematian. 
      GIS Membantu Federal Express dalam Membuat Berbagai Keputusan
Bisnis FedEx Corporation menyediakan transportasi, e-commerce, dan layanan
bisnis di Amerika Serikat dan Internasional. Visi dan misi dari FedEx adalah
menghasilkan pendapatan financial yang tinggi untuk pemegang saham
dengan menyediakan rantai supply, transportasi, bisnis, dan jasa informasi
yang berhubungan nilai tambah yang tinggi melalui perusahaan yang
beroperasi secara terfokus. Dengan bisnis utamanya mengirimkan barang ke
hampir seluruh belahan dunia. FedEx akan berusaha untuk membangun
hubungan yang saling bermanfaat dengan para karyawan, mitra, dan pemasok.
Oleh karena itu, FedEx memanfaatkan teknologi GIS dalam membantu
manajer perusahaan dalam membuat berbagai keputusan bisnis yang
berhubungan dengan pengiriman barang.

Keunggulan Kompetitif bagi FedEx dengan
Pemanfaatan SIG
1.Perusahaan dapat mengetahui aktivitas pengiriman barang;
2.Pendayagunaan aset secara optimal dan penghematan;
3. Kepuasan pelanggan atau klien;
4. Posisi yang bersaing; dan
5. Respon yang sigap.

II. Manfaat DSS bagi Perusahaan PT.TELKOM

      Di dalam era persaingan yang ketat, rencana dalam jangka menengah dan
panjang tidak lagi menarik karena tuntutan supply dan demand selalu
bergeser dalam periode yang cepat. Decision Support System (DSS) sebagai
metode pengambilan keputusan yang taktis untuk pengembangan fasilitas
telekomunikasi diperlukan karena perubahan kriteria dan asumsi pendukung
yang juga berubah dengan sangat cepat. Di dalam hal ini PT TELKOM
membuat  suatu aplikasi yang dapat dipergunakan untuk mempermudah PT.
Telkom dalam pengambilan keputusan yang cepat dan akurat yang diambil
berdasarkan data dan fakta yang berada dilapangan. Aplikasi yang
menggunakan Telkom e-service akan membantu pengambilan keputusan
karena hasilnya yang bersifat matematis.
    Sebagai kesimpulan, aplikasi ini akan dapat membantu evaluasi pemilihan
pengembangan suatu jaringan akses yang tepat yang akan dikembangkan PT.
Telkom, karena Telkom e-service berfungsi juga agar hubungan antara
PT.Telkom dan customer terjalin.Dengan adanya Telkom e-service PT.Telkom
dapat mengetahui saran-saran yang diberikan oleh customer untuk
mengembangkan bisnisnya, apa saja yang harus dilakukan oleh system
management PT.Telkom itu sendiri. Dengan adanya DSS akhirnya PT.Telkom
dapat cepat menanggapi keluhan-keluhan pelanggan dan pengambilan
perusahaan pun akan lebih efektif dan efisienSehingga dengan menggunakan
DSS memberikan keuntungan bagi 2 pihak, baik dari segi PT.Telkom maupun
dari segi customer.

Bentuk  telkom e- service


Untuk mendapatkan layanan Telkom E-Service ini diharuskan untuk melakukan
registrasi. Setelah registrasi disetujui, kita bisa mendapatkan username dan
password yang dikirim melalui email.
Telkom e-service untuk telkom speedy 

Skema alur telkom e-service

 Keuntungan DSS
      DSS memberikan keuntungan dari segi customer, karena dengan
menggunakan DSS konsumen dapat menyampaikan keluhan-keluhan kepada
PT.Telkom secara langsungSedangkan dari segi PT. Telkom DSS memberikan
keuntungan yaitu, membuat konsumen lebih dengan PT.Telkom (RCM). Dan
saran-saran serta keluhan yang diberikan oleh konsumendapat langsung
ditanggapi secara tepat. Sehingga PT.Telkom dapat mengevaluasi kekurangan
kekurangan yang ada pada PT.Telkom.

SISTEM PENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN
KELOMPOK PENERIMAAN PESERTA CO-OP DI PT.
TELKOM GROUP DECISION SUPPORT SYSTEM FOR
ACCEPTATION OF CO-OP PARTICIPANT IN PT.TELKOM

     Dalam pelaksanaan program Co-operative Education (Co-op) di PT. Telkom,
ada beberapa tahap yang harus dilalui. Salah satunya adalah tahap seleksi,
dimana seleksi ini dapat dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap perguruan
tinggi oleh tim dari perguruan tinggi (tahap-I), yang disusul dengan tahap
final oleh tim gabungan perguruan tinggi dan perusahaan (tahap-II).Sistem
Pendukung Pengambilan Keputusan (SPPK) kelompok yang berfungsi sebagai
alat bantu bagi pengelola Co-op di PT. Telkom dalam mendukung pengambilan
keputusan. 
       Proses pengambilan keputusan menggunakan metode Accord dan MAUT ,
dimana dari hasil evaluasi metode Accord dapat ditentukan tingkat konsensus
urutan/peringkat peserta Co-op.Hasil pengujian prototype perangkat lunak
SPPK kelompok ini dilakukan dengan membandingkan hasil evaluasi SPPK
kelompok dengan data sampel seleksi tes wawancara umum penerimaan
peserta Co-op di PT. Telkom tahun 2004. Perangkat lunak ini
diimplementasikan dengan menggunakan teknologi web yang berbasis bahasa
pemrograman PHP, dengan data server Oracle 8 Enterprise dan web server
apache. Perancangan Tools Decision Support System untuk pemilihan
Alternatif Pengembangan Suatu Jaringan Akses (studi Kasus PT. Telkom
Kandatel Yogyakarta).







2 komentar:

  1. thank u for the article,
    I think u are more clever than other who has copied the article and doesn't make any progress.
    you make the article more detail

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas artikel Anda. Memang sebuah hal yang tepat jika perusahaan yang bergerak dibidang jasa pengiriman paket memanfaatkan GIS untuk membantu serta memudahkan pekerjaan karena pastinya pengiriman barang akan lebih efektif dan efisien, barang sampai pada tujuan yang benar dan dalam keadaan yang baik dan tepat waktu.

    Kunjungi website saya https://tri-aprilia.mahasiswa.atmaluhur.ac.id dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus