Sabtu, 02 Oktober 2010

ilmu sosial. ilmu alam,dan ilmu budaya

ilmu sosial
Ilmu sosial (Inggris:social science) atau ilmu pengetahuan sosial (Inggris:social studies) adalah sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya. Ilmu ini berbeda dengan seni dan humaniora karena menekankan penggunaan metode ilmiah dalam mempelajari manusia, termasuk metoda kuantitatif dan kualitatif. Istilah ini juga termasuk menggambarkan penelitian dengan cakupan yang luas dalam berbagai lapangan meliputi perilaku dan interaksi manusia di masa kini dan masa lalu. Berbeda dengan ilmu sosial secara umum, IPS tidak memusatkan diri pada satu topik secara mendalam melainkan memberikan tinjauan yang luas terhadap masyarakat.
Ilmu sosial, dalam mempelajari aspek-aspek masyarakat secara subjektif, inter-subjektif, dan objektif atau struktural, sebelumnya dianggap kurang ilmiah bila dibanding dengan ilmu alam. Namun sekarang, beberapa bagian dari ilmu sosial telah banyak menggunakan metoda kuantitatif. Demikian pula, pendekatan interdisiplin dan lintas-disiplin dalam penelitian sosial terhadap perilaku manusia serta faktor sosial dan lingkungan yang mempengaruhinya telah membuat banyak peneliti ilmu alam tertarik pada beberapa aspek dalam metodologi ilmu sosial.[1] Penggunaan metoda kuantitatif dan kualitatif telah makin banyak diintegrasikan dalam studi tentang tindakan manusia serta implikasi dan konsekuensinya
Cabang-cabang utama dari ilmu sosial adalah:
§  Antropologi, yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu
§  Ekonomi, yang mempelajari produksi dan pembagian kekayaan dalam masyarakat
§  Geografi, yang mempelajari lokasi dan variasi keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi
§  Hukum, yang mempelajari sistem aturan yang telah dilembagakan
§  Linguistik, yang mempelajari aspek kognitif dan sosial dari bahasa
§  Pendidikan, yang mempelajari masalah yang berkaitan dengan belajar, pembelajaran, serta pembentukan karakter dan moral
§  Politik, yang mempelajari pemerintahan sekelompok manusia (termasuk negara)
§  Psikologi, yang mempelajari tingkah laku dan proses mental
§  Sejarah, yang mempelajari masa lalu yang berhubungan dengan umat manusia
§  Sosiologi, yang mempelajari masyarakat dan hubungan antar manusia di dalamnya
ilmu sosial dapat terlibat kategori ilmu pengetahuan. Karena mereka tidak berpikir adalah mungkin untuk menyerahkan orang-orang untuk berbagai studi yang dapat disebut ilmiah. Walaupun demikian, ilmu sosial dan ilmu alam yang mengandalkan pada tujuan tersebut.
ilmu alam
Ilmu alam (Inggris:natural science) atau ilmu pengetahuan alam adalah istilah yang digunakan yang merujuk pada rumpun ilmudimana obyeknya adalah benda-benda alam dengan hukum-hukum yang pasti dan umum, berlaku kapan pun dimana pun [1].
Sains (science) diambil dari kata latin scientia yang arti harfiahnya adalah pengetahuan. Sund dan Trowbribge merumuskan bahwa Sains merupakan kumpulan pengetahuan dan proses. Sedangkan Kuslan Stone menyebutkan bahwa Sains adalah kumpulan pengetahuan dan cara-cara untuk mendapatkan dan mempergunakan pengetahuan itu. Sains merupakan produk dan proses yang tidak dapat dipisahkan. "Real Science is both product and process, inseparably Joint" (Agus. S. 2003: 11)
Sains sebagai proses merupakan langkah-langkah yang ditempuh para ilmuwan untuk melakukan penyelidikan dalam rangka mencari penjelasan tentang gejala-gejala alam. Langkah tersebut adalah merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, merancang eksperimen, mengumpulkan data, menganalisis dan akhimya menyimpulkan. Dari sini tampak bahwa karakteristik yang mendasar dari Sains ialah kuantifikasi artinya gejala alam dapat berbentuk kuantitas.
Ilmu alam mempelajari aspek-aspek fisik & nonmanusia tentang Bumi dan alam sekitarnya. Ilmu-ilmu alam membentuk landasan bagi ilmu terapan, yang keduanya dibedakan dari ilmu sosial, humaniora, teologi, dan seni.
Matematika tidak dianggap sebagai ilmu alam, akan tetapi digunakan sebagai penyedia alat/perangkat dan kerangka kerja yang digunakan dalam ilmu-ilmu alam. Istilah ilmu alam juga digunakan untuk mengenali "ilmu" sebagai disiplin yang mengikuti metode ilmiah, berbeda dengan filsafat alam. Di sekolah, ilmu alam dipelajari secara umum di mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam(biasa disingkat IPA).
Tingkat kepastian ilmu alam relatif tinggi mengingat obyeknya yang kongkrit, karena hal ini ilmu alam lazim juga disebut ilmu pasti[2].
Di samping penggunaan secara tradisional di atas, saat ini istilah "ilmu alam" kadang digunakan mendekati arti yang lebih cocok dalam pengertian sehari-hari. Dari sudut ini, "ilmu alam" dapat menjadi arti alternatif bagi biologi, terlibat dalam proses-proses biologis, dan dibedakan dari ilmu fisik (terkait dengan hukum-hukum fisika dan kimia yang mendasari alam semesta).
Cabang-cabang utama dari ilmu alam adalah:
§  Biologi
§  Ekologi
§  Fisika
§  Geologi
§  Geografi fisik berbasis ilmu
§  Kimia

Ilmu budaya
Humaniora, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Balai Pustaka: 1988), adalah ilmu-ilmu pengetahuan yang dianggap bertujuan membuat manusia lebih manusiawi, dalam arti membuat manusia lebih berbudaya. Kategori yang tergolong dalam ilmu ini antara lain:

§  Teologi
§  Hukum
§  Sejarah
§  Bahasa, Budaya & Linguistik (Kajian bahasa)
           Psikologi

persamaan dan perbedaaan ilmu sosial dan ilmu alam 
1.Kesamaan antara ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan sosial yang mereka berdua mengamati fenomena tertentu. Tapi pengamatan untuk ilmuwan sosial dapat dibagi sebagai observasi, mengajukan pertanyaan, mempelajari dokumen tertulis. Tapi ilmuwan alam tidak dapat menggunakan cara tersebut.Karena orang tidak dapat dipelajari seperti logam dan bahan kimia. Mereka tidak berperilaku ilmuwan alam observate ways. sesuatu konsisten, ini bisa menjadi semacam pengukuran ilmuwan. Tapi sosial tidak bisa mengukur orang. Karena orang memiliki motif dan persepsi. Dengan kata lain, ilmu sosial didasarkan pada intuisi dan dugaan. ilmu pengetahuan alam harus lebih akurat. Hal ini untuk mengetahui sebab dan akibat dari fenomena tertent
2.Explanation,. Alam Dalam ilmu penjelasan berarti mengidentifikasi urutan waktu acara dan membangun hubungan kasual antara variabel. Namun dalam ilmu sosial yang tidak dapat disesuaikan tepat. Karena orang punya kepribadian sendiri yang dapat mengubah mengikuti situasi yang spesifik, juga dalam masyarakat manusia, waktu acara tidak selalu akurat sebagai sesuatu yang terjadi dalam ilmu alam. Aturan ilmu pengetahuan alam tidak dapat sama seperti ilmu sosial. Ketika ilmuwan alam menemukan beberapa sebab dan akibat dari fenomena tertentu, mereka harus berhenti di situ. Tapi dalam ilmu sosial, jika mereka menemukan sesuatu, mereka perlu mendefinisikan bahwa fenomena, untuk menambahkan makna apa yang kita lakukan. Selain mereka lebih baik akan berpikir bahwa fenomena menghubungkan dengan budaya dan masyarakat. 
3.Prediction Dalam ilmu sosial, ilmuwan dapat menjelaskan sesuatu tanpa mampu membuat prediksi menentukan ilmu sosial. Prediksi yang lebih memiliki aktualitas daripada. Sebagai contoh, ilmuwan penelitian sosial tingkat perceraian di usia 30 sampai 40 orang Inggris di Inggris. Tapi di negara saya Korea, ilmuwan sosial tidak dapat memprediksi tingkat perceraian usia 30 sampai 40 Korea menggunakan penelitian itu. Karena orang-orang telah mendapat identitas sendiri dan ada derek budaya yang berbeda antara dua negara acara. Tapi ilmu alam dalam harus dijelaskan oleh penyebab dan hasil. Ini berarti ilmuwan yang pasti menemukan teori dan aturan yang dapat menunjukkan fenomena itu. Jadi Jika ilmuwan Korea menemukan beberapa reaksi kimia antara dua unsur, ilmuwan Inggris dapat memprediksi kejadian menggunakan penemuan itu.
 4. Pengendalian Dalam ilmu alam tatanan alam subjek yang dipelajari tidak diperlukan untuk belajar. Dengan kata lain yang tidak inti penelitian untuk ilmuwan alam. Dan ilmuwan alam tidak harus mendorong bahwa untuk perubahan itu sendiri. Hal ini tidak benar-benar bermanfaat untuk studi ilmu alam, tidak masalah untuk menjadi baik terorganisir atau tidak. Ini adalah contohnya. Dalam ilmu alam, kami telah menemukan beberapa elemen memiliki reaksi berantai dengan elemen tertentu. Ini hanyalah fakta. Kita dapat mengevaluasi respon yang baik atau tidak. Sosial tetapi sains adalah studi yang bertujuan pada manusia. Oleh karena itu ilmuwan sosial ingin mengubah masyarakat ini. Pemahaman masyarakat ini sangat penting untuk studi mereka. Sehingga mereka perlu 


sumber :Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas dan google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar