Kamis, 28 Oktober 2010

Planet Uranus

 PLANET URANUS 
     Planet Uranus  merupakan planet ke tujuh dari matahari. Uranus ditemukan pertama kali oleh William Herchel pada tanggal 13 Maret 1781.Uranus juga merupakan planet terbesar ketiga dan terberat keempat. Uranus juga merupakan planet pertama yang ditemukan melalui Teleskop.  Uranus memiliki komposisi yang  sama dengan Neptunus, dan keduanya mempunyai koposisi yang berbeda dari raksasa gas yang lebih besar dari Jupiter dan Saturn. Para astromon menenpatkannya seagai "Raksasa ES " .Atmosfer pada Uranus sama dengan Saturnus dan Jupiter yaitu terdiri dari hidrogen dan helium, mengandung banyak ES seperi air, amonia dan metana. 
     Atmosfernya merupakan atmosfer yang paling terdingin dalam Tata Surya,dengan suhu rendah yaitu 49K . atmosfernya berbentuk awan yang berlapis-lapis dan kompleks , dan di anggap awan terendah terdiri dari air,dan lapisa paling atas adalah metana. Interior Planet Uranus yaitu terdiri dari Es dan Bebatuan. Seperti Planet yang lain Uranus juga memiliki  sistem cincin ,magnestofer setra banyak bulan. Sistem Uraniannya sangat unik di antara planet-planet karena Sumbu rotasinya miring kesamping hapir pada bidang Revolusi mengelilingi Matahari.
      Jika dilihat dari bumi cincin Uranus kadang nampak melingkai planet itu sasaran panah pada bulan-bulannya mengelilinga juga seperti jarum jam, meskipun pada tahun 2007  dan 2008 cincin itu terlihat dari tepi. dari gambar Voyager2 menunjukan Uranus merupakan Planet yang terlihat tidak berfitur, pada cahaya tampak tanpa pita atau  Badai yang di asosiasikan dengan raksasa lain.Akan tetapi pengamat dari bumi melihat perubahan cuaca dan perubahan musim bertahun-tahun belakangan yang bersamaan ketika Uranus mendekati ekuinoksnya. Kecepatan anginnya yaitu 250 meter perdetik.(900 km/jam, 560 mil perjam).
        Uranus banyak diamati pada banyak kesempatan sebelum penemuannya sebagai planet, Uranus juga di sebut sebagai bintang.Uranus mengelilingi matahari sekali 84 tahun, jarak rata-ratanta dari matahari kira-kira 3 miliyar km. Intensitas mataharinya  di Uranus sekitar 1/400 yang ada diBumi. Elemen orbitnya dihitung pertama kali tahun 1783 oleh Pierre- Simon Laplace berjalan dengan waktu perubahan juga mulai terlihat antara prediksi dan yang diamati. Pada tahun 1841, JohnCouch Adams mengatakan bahwa perbedaan itu  mungkin disebabkan karena gravitasi. Pada tahun 1845, Urbain Le Verrier mulai meriset mandiri tentang Uranus. dan pada tanggal 23 September 1846,Johann Gottfried Galle menemukan  satu planet baru yang di namakan Neptunus  dan hampir pada posisi yang di prediksikan oleh  Le Verrier
         Kemiringan pada Uranus  yaitu  kemiringan sumbu  97,77  derajat.Ini menjadikan perubahan musin tidak seperti planet-planet yang lain.Planet ini dapat di ganbarkan sebagai gasing yang berputar miring relatif di Tata Surya , Sementara Uranus berotasi lebih seperti Bola  yang menggelinding  termiring-miring. Pada sisi orbit Uranus yang lain orientasi kutub-kutubnya terhadap Matahari adalah sebaliknya .Tiap kutub disinari matahai sekirtar 42  tahun dengan  di ikuti 42 tahun gelap. Dekat waktu Ekuinoks , Matahari menghadap ekuator Uranus memberi periode pergantian siang-malam sama seperti terlihat di planet lain. Uranus menapai Ekuinoksnya  dapa tanggal 7 Desember 2007.
         Secara kasar Uranus massanya14,5 kali dari massa Bumi, sementara kerapatannya 1,27/g cm kubik.membuatnya menjadi planet tidak padat ke dua setelah Satunus.


sumber :Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar