PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Skema komputer (computer schematic) yaitu diagram
yang menggambarkan model arsitektur dasar komputer. Penyimpanan
komputer(computer storage) terbagi menjadi penyimpanan primer (dengan teknologi
integrated circuit, yaitu menyediakan random access mamory(RAM), read-only memory(ROM)
dan cache memory) dan penyimpanan sekunder.
Perangkat lunak dibagi menjadi dua kategori utama,
yaitu: Perangkat lunak sistem (meliputi sistem operasi, program utility dan
penerjemah) dan perangkat lunak aplikasi (dibuat oleh spesialis informasi perusahaan).
Satu alasan untuk kepopuleran end-user computing
adalah banyaknya perangkat lunak aplikasi yang memudahkan pemakai (user
friendly).Sebuah perkembangan dalam input dan output komputer adalah
multimedia, yang mengkombinasikan berbagai bentuk presentasi visual dan audio.
PEMBAHASAN
1. Arsitektur Komputer
Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan
dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur
komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari
kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem
interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing
bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja,
dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache,
RAM,ROM, disc, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan
dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi
komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang
memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Komponen komponen yang terdapat pada sebuah komputer
adalah :
-
Prosesor
-
Memori
-
Penyimpanan sekunder
-
Perangkat Input
-
Perangkat Output
Mesin pemroses lebih dikenal dengan CPU,
mikroprosesor atau prosesor. Prosesor adalah komponen yang berupa chip. Chip
adalah sekeping silicon berukuran bebrapa millimeter persegi yang mengandung
puluhan ribu transistor dan komponen elektronik yang lain.memori adalah salah
satu tempat penyimpanan pada sebuah komputer
Penyimpanan Primer
Komputer pertama menggunakan “magnetic
drum” dan “magnetic core” untuk penyimpanan
primer. Core merupakan potongan logam kecil menyerupai
donat sebesar kepala jarum yang mudah dimagnet. Kawatkawat yang
membentang melalui core mengubah medan magnet dan menentukan status
magnetiknya. Sejak tahun 1964, penyimpanan yang terbuat dari integrated
circuit mulai menggantikan drum dan core.
Bentuk Penyimpanan primer:
· RAM (Random
Access Memory), jenis penyimpanan primer yang mudah hilang
(volatile) karena data akan hilang jika listrik padam.
· ROM (Read
Only Memory), jenis penyimpanan sekunder yang bersifat
non-volatile karena data disimpan secara permanent dan jika listrik padam data
tidak akan hilang
· Cache Memory, merupakan
RAM khusus yang bekerja sangat cepat dan digunakan untuk membantu RAM biasa
dalam proses data.
Penyimpanan Sekunder :
· Pita Magnetik : Reel Tape dan Tape Cartridge
· Hard Disk : Removable dan Non removable
· Floppy Disk
· Piringan Optik : CD, DVD
· USB Flash Disk
· Smart Card
· Kartu
memori
Peralatan
Input
Peralatan input adalah peralatan yang digunakan
untuk memasukkan perintah dalam komputer atau juga untuk memasukkan data dalam
komputer.
1. KEYBOARD
2. ALAT
PENUNJUK
· Mouse
· Trackball
· Touch Screen
· Light Pen
· Unit Remote Control
3. ALAT INPUT OTOMATIS DATA SUMBER
· Alat Pembaca Optis,
Alat input
yang membaca data dengan menyinari suatu sinar terang di atas data dan kemudian
menangkap citra yang terpantul pada matriks sel-sel photoelectric.
Contoh : Scanner, OCR (Optical Character
Recognition), OMR (Optical Mark Reader)
· Alat Pembaca Magnetis,
Alat pembaca
yang menggunakan tinta khusus yang berisi zat yang dapat diberi muatan magnet.
Contoh : MICR
(Magnetic Ink Cha racter Recognition).
4. ALAT INPUT
PENGENAL SUARA
Unit
pengenal suara (speech recognition unit)
· Mikrofon
· Automatic Speech Recognation (ASR)
· Touchtone
5. ALAT INPUT VIDEO
Video
Camera recorder atau Camcoder
6. ALAT INPUT PENERIMA GERAK
· Headset
· Glove
· Walker
Peralatan Output
Dibagi menjadi dua, yaitu :
1.Softcopy, terdiri dari dua jenis :
· Monitor : CRT dan Layar Datar (LCD, EL, Plasma)
· Audio
2.Hardcopy,
terdiri dari :
· Printer : Impact, Thermal, Inkjet, Laser,
Multifungsi
· Plotter : Pena, Electrostatis, Thermal, Pemotong,
Format Lebar
· Computer Output Microfilm (COM)
2.
Software
Perangkat lunak terbagi menjadi dua, yaitu :
A. Perangkat Lunak Sistem
Perangkat lunak yang melaksanakan tuga-tugas
dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai computer.
Ada tiga jenis dasar perangkat lunak sistem :
Sistem Operasi, berfungsi
sebagai interface antara pemakai, perangkat lunak yang memproses data
perusahaan dan perangkat keras. Contoh : Windows XP, DOS, UNIX
Ada enam fungsi dasar sistem operasi :
1. Menjadwalkan Tugas
2. Mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat
lunak
3. Menjaga keamanan sistem
4. Memungkinkan pembagian sumber daya untuk beberapa
pemakai
5. Menangani Interrupt
6. Menyiapkan catatan pemakaian
Program Utility,
suatu routine yang memungkinkan pemakai untuk melaksanakan
operasi pemrosesan data dasar tertentu yang tidak unik pada satu aplikasi
pemakai tertentu.
Penerjemah Bahasa Komputer
- Bahasa Generasi
Pertama, Bahasa Mesin (machine language)
- Bahasa Generasi
Kedua, Assembler
- Bahasa Generasi Ketiga,
Compiler dan Interpreter
- Bahasa Generasi Keempat,
Bahasa Alamiah 4GL
memungkinkan programmer
atau pemakai menginstruksikan computer apa dan bagaimana operasi tersebut
dilakukan. Di Bawah ini yang termasuk kedalam generasi bahasa keempat :
1. Database Query Language
2. Modelling Language, khusus dirancang untuk pembuatan
model matematika. Contoh : GPSS
3. Very High Level Language : PASCAL, APL
4. Graph Generators : paket grafik
5. Report Writer : COBOL, RPG
6. Aplication Generators : program aplikasi pembayaran
gaj
B. Perangkat Lunak Aplikasi
1.
Pemrograman Sendiri
Perusahaan
menempatkan spesial informasi untuk melakukan tugas merancang sistem berbasis
computer yang memenuhi kebutuhan unit perusahaan.
2. Paket
Jadi
Ada empat kelompok besar :
a. Paket Aplikasi Bisnis Umum
b. Paket Aplikasi Khusus Industri
c. Paket Aplikasi Peningkatan Produktivitas Organisasi
d. Peningkatan Produktivitas Perorangan
3. Peranan
Peralatan Input dan Output Serta Software Pemecahan Masalah
Keseluruhan komponen perangkat input, output dan
software dapat berperan maupun tidak langsung dalam pemecahan
masalah. Semuanya saling behubungan dan mendukung kegiatan satu dengan yang
lainnya. Perangkat input dan output berperan dalam proses penyelesaian masalah
dalam hal perangkat keras, sedangkan perangkat lunak, baik sistem maupun
aplikasi membantu para manajer untuk meningkatkan produktivitas organisasi dan
perorangan, dengan menyederhanakan penciptaan dan transmisi data.
Penutup
3.1 kesimpulan
Meskipun teknologi komputer telah sangat berubah
selama beberapa tahun, semua sistem meliputi CPU, beberapa alat input dan alat
output, dan penyimpanan sekunder CPU terdiri dari unit pengendali, ALU ,dan
penyimpanan primer.Penyimpanan primer terbuat dari integrated circuit
chips dan jenisnya ada tiga. RAM memungkinkan pembacaan dan penulisan.
ROM hanya memungkinkan pembacaan dancache memory berada
diantara processor dan RAM biasa untuk mempercepat pengambilan
instruksi dan data.
Unit input meliputi keyboard ,alat
penunjuk seperti mouse dan trackball, teknologi
otomasi data sumber seperti OCR dan MICR serta alat pengenal suara. Unit output
juga sangat beragam, mencakup layar tampilan ,printer, alat output suara dan
alat khusus seperti plotter dan COM. Manajer menggunakan langsung sebagian alat-alat
input dan output dalam pemecahan masalah, sementara alat-alat lain berperan
tidak langsung.
Komputer menyelesaikan tugasnya dengan mengikuti
instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak sistem mencakup sistem
operasi komputer, program utility, dan penerjemah bahasa. Perangkat lunak
aplikasi dapat dipersiapkan oleh spesialis informasi perusahaan atau dibeli
sebagai paket jadi. Perangkat lunak jadi ada dalam bentuk paket aplikasi bisnis
umum, khusus industri, peningkatan produktivitas organisasi dan produktivitas
perorangan. Perangkat lunak sistem mendukung pemecahan masakah secara tidak
langsung , tergantung pada jenisnya.
Kemudahan bagi pemakai (user friendliness) dalam hal
perangkat lunak diperoleh dengan memberikan paduan dialog, penjelasan sesuai
konteks, dan dalam lingkunagn komputer mikro, GUI. Meskipun sistem berbasis komputer tidak kebal
terhadap kesalahan, akurasi tingkat tinggi dapat dicapai dengan menyertakan
lankah-langkah untuk mencegah, mendeteksi, dan memperbaiki kesalahan.
Multimedia adalah suatu usaha untuk mengintegrasikan
beberapa bentuk input dan output yang berbed. Harga perangkat keras dan
perangkat lunak multimedia yang terus turun menyebabkan teknologi ini dapat
diterapkan dalam semua subsistem CBIS. Namun, aplikasi yang lebih rumit
memerlukan keahlian spesialis multimedia dan perncanaan yang matang.
3.2
DAFTAR
PUSTAKA
http://gilank-zulfikar.blogspot.com/2012/01/dasar-dasar-pemrosesan-komputer.html
http://vicrikurniawan.blogspot.com/2012/12/dasar-dasar-pemrosesan-komputer.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar