Arsitektur Komputer
Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan
dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur
komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari
kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem
interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing
bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja,
dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache,
RAM,ROM, disc, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan
dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi
komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang
memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Komponen komponen yang terdapat pada sebuah komputer
adalah :
-
Prosesor
-
Memori
-
Penyimpanan sekunder
-
Perangkat Input
-
Perangkat Output
Mesin pemroses lebih dikenal dengan CPU,
mikroprosesor atau prosesor. Prosesor adalah komponen yang berupa chip. Chip
adalah sekeping silicon berukuran bebrapa millimeter persegi yang mengandung
puluhan ribu transistor dan komponen elektronik yang lain.memori adalah salah
satu tempat penyimpanan pada sebuah komputer
Penyimpanan Primer
Komputer pertama menggunakan “magnetic
drum” dan “magnetic core” untuk penyimpanan
primer. Core merupakan potongan logam kecil menyerupai
donat sebesar kepala jarum yang mudah dimagnet. Kawatkawat yang
membentang melalui core mengubah medan magnet dan menentukan status
magnetiknya. Sejak tahun 1964, penyimpanan yang terbuat dari integrated
circuit mulai menggantikan drum dan core.
Bentuk Penyimpanan primer:
· RAM (Random
Access Memory), jenis penyimpanan primer yang mudah hilang
(volatile) karena data akan hilang jika listrik padam.
· ROM (Read
Only Memory), jenis penyimpanan sekunder yang bersifat
non-volatile karena data disimpan secara permanent dan jika listrik padam data
tidak akan hilang
· Cache Memory, merupakan
RAM khusus yang bekerja sangat cepat dan digunakan untuk membantu RAM biasa
dalam proses data.
Penyimpanan Sekunder :
· Pita Magnetik : Reel Tape dan Tape Cartridge
· Hard Disk : Removable dan Non removable
· Floppy Disk
· Piringan Optik : CD, DVD
· USB Flash Disk
· Smart Card
· Kartu
memori
Peralatan
Input
Peralatan input adalah peralatan yang digunakan
untuk memasukkan perintah dalam komputer atau juga untuk memasukkan data dalam
komputer.
1. KEYBOARD
2. ALAT
PENUNJUK
· Mouse
· Trackball
· Touch Screen
· Light Pen
· Unit Remote Control
3. ALAT INPUT OTOMATIS DATA SUMBER
· Alat Pembaca Optis,
Alat input
yang membaca data dengan menyinari suatu sinar terang di atas data dan kemudian
menangkap citra yang terpantul pada matriks sel-sel photoelectric.
Contoh : Scanner, OCR (Optical Character
Recognition), OMR (Optical Mark Reader)
· Alat Pembaca Magnetis,
Alat pembaca
yang menggunakan tinta khusus yang berisi zat yang dapat diberi muatan magnet.
Contoh : MICR
(Magnetic Ink Cha racter Recognition).
4. ALAT INPUT
PENGENAL SUARA
Unit
pengenal suara (speech recognition unit)
· Mikrofon
· Automatic Speech Recognation (ASR)
· Touchtone
5. ALAT INPUT VIDEO
Video
Camera recorder atau Camcoder
6. ALAT INPUT PENERIMA GERAK
· Headset
· Glove
· Walker
Peralatan Output
Dibagi menjadi dua, yaitu :
1.Softcopy, terdiri dari dua jenis :
· Monitor : CRT dan Layar Datar (LCD, EL, Plasma)
· Audio
2.Hardcopy,
terdiri dari :
· Printer : Impact, Thermal, Inkjet, Laser,
Multifungsi
· Plotter : Pena, Electrostatis, Thermal, Pemotong,
Format Lebar
· Computer Output Microfilm (COM)
sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur_komputer
sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur_komputer
http://gilank-zulfikar.blogspot.com/2012/01/dasar-dasar-pemrosesan-komputer.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar