1.1 Model Perusahaan Multinasional
Perusahaan multinasional (multinational corporation – MNC) adalah perusahaan yang beroperasi melintasi berbagai produk, pasar, bangsa, dan budaya. MNC terdiri dari perusahaan induk dan sekelompok anak perusahaan. Anak-anak perusahaan tersebut tersebar secara geografis dan masing-masing mungkin memiliki tujuan, kebijakan dan prosedur sendiri. Dengan bentuk tersebut, MNC mungkin merupakan bentuk organisasi paling rumit yang keberadaannya saat ini meluas.
1.2 Strategi Bisnis Global
1.2.1 Strategi Multinasional
Strategi yang memberikan kebebasan lepada anak perusahaan untuk memenuhi dan mengembangakan produk, serta praktik mereka sendiri. Dengan ini sistim informasi memudahkan desentralisasi pengambilan keputusan.
Strategi Global
Pengendalian berada di perusahaan induk dan produk – produk dipasarkan secara sentral.
Strategi Internasional
Merupakan perpaduan sentralisasi strategi global dan desentralisasi strategi multinasional.
Strategi Transnasional
Perusahaan induk dan anak bekerja sama untuk memformulasikan strategi untuk mencapai efisiensi dan integrasi global, serta fleksibilitas di tingkat lokal. Tanggung jawab utama berada pada pengelola database.
1.3 Strategi GIS(Global Information System)
GIS adalah suatu system yang terdiri dari jaringan – jaringan yang menembus batas – batas Negara.
Strategi Transnasional bagi penerapan GIS, antara lain:
1. Menghubungkan GIS dengan strategi bisnis,
2. Menentukan Sumber Daya Informasi,
3. Menyediakan pembagian data.
sumber : http://it-bhinamandiri.webnode.com/news/penggunaan-komputer-dipasar-internasional/
http://amel18aditya.blogspot.com/2011/11/bab-3-manfaat-etika-dari-sistem.html
sumber : http://it-bhinamandiri.webnode.com/news/penggunaan-komputer-dipasar-internasional/
http://amel18aditya.blogspot.com/2011/11/bab-3-manfaat-etika-dari-sistem.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar